Senin, 07 Maret 2011

Pengayaan.. Untuk Pelaku Pendidikan

Pendidik adalah seorang yang dipercaya untuk menjalankan roda pendidikan anak bangsa. Pendidik mempunyai arti luas, namun saat ini Saya sedang berbicara tentang Figur 'Guru'.
Guru adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan anak dalam tahapan belajarnya.Yang disertai dengan pedoman pembelajaran, perencanaan yang terjadwal, dan lainnya.

Namun melihat jauh kebelakang, bertahun-tahun lalu,.. saya tidak melihat ada perbaikan yang signifikan dari figur seorang guru saat ini dibandingkan dengan figur guru-guru saya masa lalu.
Metode ceramah, metode diskusi, metode kerja kelompok, metode catat buku sampai habis, selalu menjadi senjata pamungkas seorang guru dalam mentransfer keilmuannya.
Seandainya saja (saya sedang berkhayal), setiap guru mulai berlatih teknologi,.. minimal komputer. Tentunya banyak hal yang dapat di lakukan.
Hayalan saya berlanjut ..
Pertama ; Setiap guru akan menggunakan media Proyektor LCD dalam melakukan proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), dan hal tersebut tentu menguntungkan sang guru, karena beliau tidak lagi perlu menulis berkali-kali di papan tulis.
Kedua: Saat setiap guru mampu dan mahir membuat bahan ajar dalam bentuk Power Point, dan saat selanjutnya adalah yang lebih canggih lagi,.. siswa/i diwajibkan mampu mengoperasikan komputer. Bayangkan jika ini sudah terlaksana, kita tidak perlu lagi mengorbankan ratusan lembar buku tulis, yang hanya akan menghabiskan pohon-pohon di hutan sana.
Ketiga: Saat setiap siswa/i mampu dan mahir, mulailah kita memfasilitasi hal yang lebih mapan lagi, komputer tepat di tiap meja siswa/i.. segala pencatatan dengan 10 jari di mulai, era kecanggihan di kabupaten Bekasi di mulai,.. era bergantinya sekolah percontohan di SMPN 04 SETU di mulai..
Seandainya saja hayalan itu terjadi..
Seluruh komponen sekolah sudah mampu dan mahir dalam menggunakan komputer, saya yakin, motivasi siswa/i akan berbeda, tingkat ketidakdisiplinan akan berkurang, karena yang kita terima juga anak-anak pilihan.
Sekali lagi,.. semoga khayalan saya menjadi nyata.. di SMPN 04 SETU  BEKASI ini.. Apriyanto, SKH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk memberikan komentar yang bersifat membangun. Karena sesuai tujuan pengadaan Blog ini adalah untuk mengedepankan pembangunan Holistik atau keseluruhan dari pendidikan kita (khususnya SMPN 04 SETU, dan umumnya pendidikan Indonesia).
Anda juga dapat berpartisipasi dengan mengirimkan tulisan ke smpn04setu.bekasi.pedulipendidikan@blogger.com (maksimal 100MB)